Senin, 23 September 2019

7 Cara Mudah #MajuinWarung dan Meningkatkan Omzet dengan Aplikasi Kudo




Bagi seorang pemilik warung, bisa jadi warungnya adalah napas hidupnya. Tempat ia menghidupi diri dan keluarganya. Selain itu, kehadiran warung tentunya juga membantu masyarakat sekitarnya untuk membeli kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Hanya saja, banyak warung tradisional yang sepi pembeli karena semakin banyaknya minimarket. Padahal, bisa jadi warung merupakan satu-satunya sumber penghasilan yang ia miliki.


Warung, Penyelamat Konsumen di Tanggal Tua
Di tengah gempuran hadirnya minimarket, masihkah buka warung jadi pilihan usaha yang menguntungkan? Tentu masih! Saya sendiri masih lumayan sering jajan di warung, khususnya di tanggal-tanggal tua. Kenapa? Karena kita bisa beli sesuatu dalam jumlah sedikit, sesuai kebutuhan mendesak sampai gajian. Contoh nyatanya begini, baju kotor kita udah numpuk, mau nge-laundry nggak punya duit, mau beli deterjen di minimarket kemasan paling kecilnya harganya belasan ribu.

Di warung, dengan 1.000 Rupiah kita bisa beli satu sachet kecil yang bisa dipakai nyuci dua kali. Nggak cuma deterjen, tapi juga sampo. Daripada botol sampo di rumah kita isi air biar bisa dipakai padahal udah tinggal sisa-sisa tetesan terakhir, mending beli sampo sachet di warung.

Di warung juga bisa beli pospak bayi (popos sekali pakai) eceran lho! Kalau di mini market, minimal yang harus dibeli, isinya 20 buah, dan itu harganya lumayan ya kalau lagi bokek banget di tanggal tua, hahaha.

Dan tentu yang paling berasa adalah beras! Saya sering banget ketemu pelanggan warung yang beli beras cuma 1 atau 2 liter. Sedangkan itu nggak mungkin kita temuin di mini market. Beras paling kecilnya dikemas 5 kg.

Jadi, saat mepet dan kepepet sambil nunggu gajian yang menghitung hari, sementara kebutuhan pokok udah ludes, ya beli aja di warung. Tapi jangan diutangin juga warungnya, ya! Itu sih kebangetan namanya!

Meski begitu, warung bisa semakin sepi pembeli jika berhenti berinovasi. Kalau nggak mau kalah dengan minimarket yang menjamur di tiap pengkolan, warung tradisional harus semakin canggih dan modern. Untuk bisa mendapat penghasilan lebih, warung masa kini harus melek digital! Bagaimana supaya warung bisa naik kelas?

Ini yang menjadi landasan utama kenapa aplikasi Kudo akhirnya diciptakan. Dilansir dari Beritasatu.com, Agung Nugroho selaku CEO dan CO-Founder Kudo menjelaskan bahwa misi Kudo adalah ingin menjadikan warung-warung di Indonesia lebih modern, lebih maju dan berdaya saing tinggi di era digital.

 


Bagaimana Kudo Bisa Bikin Warung Lebih Laris, Canggih dan Modern?


Kalau kamu adalah pemilik warung, cobalah untuk semakin melek dengan dunia digital. Kita nggak bisa menutup mata kalau persaingan dunia usaha semakin ketat dan nggak bisa cuma duduk diam menunggu pelanggan datang.

Dengan pakai Kudo pembeli warung kita nggak cuma bisa beli barang kebutuhan sehari-hari, tapi juga bisa beli pulsa, bayar listrik, dan BPJS! Nah, dari semua layanan ini, kamu sebagai pemilik warung juga bisa dapat komisi dan bonus yang lumayan.

Kamu bisa nawarin apa aja ke pelanggan, kecuali nawarin jodoh. Eh, tapi bisa juga kamu bantuin pelanggan kamu untuk dapetin pujaan hati. Caranya, bilang ke pelanggan kamu, khususnya yang cowok dan udah ngebet nikah, untuk beliin gebetannya pulsa, bayarin tagihan listriknya, bpjs-nya, ya pantaskan diri sebagai calon suami dan kepala keluarga lah. Kalau ditolak ya sukurin, belum takdir namanya. Bantu orang harus ikhlas, kan?

Dengan pakai aplikasi Kudo, warung tradisional nggak lagi ketinggalan zaman dan bisa jadi Warung Digital Serba Bisa. Karena aplikasi ini punya berjuta fungsi. Nih, lihat aja semua manfaatnya di sini:


1. Usaha grosir sembako

Kamu bisa belanja sembako atau kebutuhan warung dengan harga grosir melalui aplikasi Kudo, yang tentunya harganya murah. Selain untuk kamu jual secara eceran lagi, kamu juga bisa menjualnya secara grosir untuk orang yang menyetok barang konsumsi di rumah atau untuk orang yang juga buka usaha grosir sembako

Kini, pembelian kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga grosir semakin diminati konsumen. Ada yang memang untuk mereka jual lagi, atau memang untuk disetok di rumah, sehingga mereka tidak perlu sering-sering membeli eceran lagi.  Kamu bisa menjadi tempat pemilik warung kecil untuk belanja barang grosir melalui warung kamu. Hhm, potensi bisnis yang menarik, ya?


2. Pelayanan transfer uang

Nggak semua orang sudah terbiasa dengan transaksi tanpa tunai. Di beberapa daerah, masih banyak yang belanja barang-barang pakai uang tunai. Mungkin di sekitarnya tidak ada bank atau ATM, atau memang bisa jadi tidak punya rekening bank. Sementara hasrat hati ingin belanja online yang tentunya mengharuskan transfer uang ke ATM penjualnya. Kalau ada warung yang pakai Kudo pastinya gampang banget, dia nggak perlu repot-repot nyari orang yang mau bantuin dia nitip atau nebeng transfer pakai ATM. Cukup dia bawa aja uang tunainya ke warung yang pakai Kudo, beres!


3. Buka bisnis pulsa

Bisnis pulsa bisa juga kamu jalankan sambil jalanin warung. Bahkan, kalau nggak punya warung pun, kamu tetap bisa jualan pulsa pakai Kudo. Kasih tahu teman-teman atau tetangga kalau mau beli pulsa di kamu aja. Bagikan nomor kamu ke mereka, jadi mereka bisa pesan kapan aja di mana aja mereka butuh, cukup SMS atau Whatsapp kamu aja. Karena bisa jadi kebutuhan pulsa itu cukup mendesak, sementara agak sulit nyari tukang pulsa atau harus beli lewat ATM. Di sini peluang kamu sebagai tukang pulsa yang bisa dibeli tiap saat cukup besar.


4. Pelayanan pembayaran tagihan listrik, air, telepon, dan BPJS

Kamu tahu PPOB? PPOB adalah Payment Point Online Bank atau bahasa sederhananya pembayaran online untuk layanan pembayaran yang dilakukan di bank. Nah, dengan pakai Kudo, kamu bisa buka usaha PPOB ini. Jadi kamu semacam punya loket untuk semua pembayaran, mulai dari bayar tagihan telepon, tagihan air, listrik, dan BPJS.

5. Pembayaran tiket kereta api

Kereta masih menjadi pilihan favorit moda transportasi untuk ke luar kota. Apalagi saat Lebaran, karena harganya yang cukup terjangkau. Karena itu, akan sangat menguntungkan juga kalau kamu bisa jadi loket pembayaran tiket kereta api

6. Tempat daftar mitra pengemudi Grab

Semakin hari semakin banyak orang yang ingin menjadi pengemudi Grab karena sudah terbukti bisa menambah penghasilan. Ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama, ada yang sebagai sampingan.

Di sekitar kamu banyak yang tertarik mau jadi pengemudi Grab tapi nggak tahu caranya? Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini. Kalau pakai Kudo, kamu bisa jadi tempat daftar Grab. 

Masing-masing mendapatkan keuntungan, lho! Baik kamu sebagai agen Kudo, maupun mereka yang daftar jadi pengemudi Grab lewat kamu. Sebagai agen Kudo, semakin banyak pengemudi Grab yang kamu daftarkan, kamu akan mendapatkan bonus. Sementara untuk calon mitra Grab, proses mereka mendaftar juga jadi lebih cepat dan mudah!


Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kudo


1. Mendapatkan harga murah untuk barang-barang kebutuhan usaha
Mulai dari kebutuhan warung hingga pulsa yang nantinya kamu jual lagi bisa kamu beli dengan harga murah di Kudo. Jadi, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih ketika menjualnya kembali ke pelanggan kamu.

2. Kamu bisa menambah omzet karena banyaknya layanan yang bisa kamu berikan pada pelanggan
Dengan variasi layanan yang bisa kamu lakukan melalui Kudo kamu pun mendapatkan banyak tambahan pemasukan. Karena kamu tidak hanya menjual barang-barang biasa seperti warung tradisional pada umumnya.

3. Mendapatkan bonus dan komisi
Keuntungan nggak cuma kamu dapat dari penjualan langsung yang kamu lakukan di warung, tapi bahkan bisa kamu dapatkan lewat komisi dan bonus berdasarkan banyaknya transaksi yang kamu lakukan pakai aplikasi Kudo. Termasuk juga untuk pendaftaran pengemudi Grab, semakin banyak pengemudi yang kamu daftarkan, semakin banyak bonus yang kamu dapatkan.

4. Kamu bisa punya waktu lebih untuk mengembangkan bisnis
Dengan segala kemudahan yang ditawarkan Kudo, kamu jadi bisa menjalani usaha dengan lebih efektif dan efisien. Waktu kamu tidak terbuang untuk belanja barang untuk disetok di warung.

5. Kamu bisa mewujudkan apa pun mimpi kamu bersama Kudo

Banyak agen Kudo yang sukses mewujudkan impian mereka bersama warungnya setelah menjadi agen Kudo. Bahkan ada yang bisa beli mobil dan rumah setelah jadi agen Kudo! Ini kisahnya Ibu Siti Zaenab, yang jualan pulsa dan paket data di Tangerang. Sebelumnya Ibu Siti kerja sebagai security di pabrik sepatu selama 12 tahun. 

Saat perusahaannya mau gulung tikar, Ibu Siti pun mengundurkan diri dan memilih buka usaha sendiri. Sampai akhirnya Ibu Siti yang mengaku gaptek (gagap teknologi) ini bisa mengerti internet. Setelah lima tahun berusaha dengan keras, ia pun bisa mengganti motor bututnya dengan mobil baru yang dibeli secara tunai, nggak nyicil! 

Nggak percaya? Nih, simak kisah selengkapnya di sini.



7 Cara #MajuinWarung Pakai Aplikasi Kudo

Kamu udah tahu, nih fitur apa aja yang ada di aplikasi Kudo, kamu juga udah ngebet pengin dapetin semua keuntungan yang ditawarin lewat aplikasi ini. Kamu pun mulai daftar dan menggunakannya. Nah, tapi kamu juga perlu tahu bagaimana caranya kamu #majuinwarung dan ningkatin omzet pakai Kudo.


1. Maksimalkan semua fitur dan layanan yang ada di aplikasi Kudo
Agak percuma kalau kamu pakai Kudo cuma untuk satu fungsi aja. Dari fungsi yang sebanyak itu, sebaiknya kamu maksimalkan semuanya agar mendapatkan untung sebesar-besarnya.

2. Ajak sebanyak-banyaknya orang untuk belanja dan bayar apa aja melalui kamu
Udah niat nih mau maksimalin semua fitur dan layanan, tapi bagaimana caranya biar banyak pelanggan? Kamu mesti proaktif. Kasih tahu teman, tetangga dan semua orang yang tinggal di sekitar kamu kalau mau bayar apa aja bisa melalui kamu. Nggak cuma tetangganya aja, tapi juga ajak keluarganya tetangga, temen-temennya, saudaranya, bahkan binatang peliharaannya.  Usahakan semua layanan Kudo yang kamu gunakan ini tersebar semakin luas dari mulut ke mulut.

3. Ambil untung sedikit demi memperbanyak transaksi
Lebih pilih untung besar tapi yang belanja sedikit, atau untung sedikit tapi yang belanja banyak? Tentu pilih yang kedua dong, ya! Trik ini juga yang digunakan oleh bapak Dahlan, pemilik warung Punakawan yang berlokasi di daerah Cilandak, Jakarta Selatan. 

Pak Dahlan tahu betul orang zaman sekarang sangat membandingkan harga di satu tempat dengan harga di tempat lainnya. Selisih 500 Rupiah aja bisa ngaruh banget, lho! Apalagi ibu-ibu seperti saya yang perhitungan banget soal harga, hahaha. Jadi, kalau mau pelangganmu setia sama kamu dan balik-balik lagi, ya nggak usah gambil untuk terlalu besar. Untung yang sedikit lama-lama juga akan menjadi bukit!

4. Manfaatkan waktu yang dihemat karena pakai Kudo untuk mengembangkan usaha


Bapak Dahlan juga bilang dengan pakai Kudo dia nggak perlu lagi belanja barang-barang kebutuhan warung sendiri. Tinggal pesan lewat Kudo dan barang pun diantar. Jadi kalau memang habis, nggak perlu repot-repot ninggalin warung ke luar untuk beli barang apalagi kalau belinya dalam jumlah banyak langsung, kan? Pasti melelahkan. 

Nah, karena lebih efektif dan efisien, kamu bisa gunain waktu yang dihemat ini untuk lebih ngembangin usaha. Misalnya, kamu cari informasi mengenai barang-barang kekinian apa yang lagi tren dan banyak dicari orang yang bisa kamu jual di warung kamu. Kamu juga bisa bikin promo kecil-kecilan di warung dan lain sebagainya.

5. Bangun keakraban dengan setiap pelanggan
Ini salah satu kelebihan warung dibanding minimarket. Sebagai pemilik warung kamu bisa membina keakraban dengan pelanggan kamu. Misalnya, kalau ada pelanggan yang udah lama nggak belanja di kamu, bisa kamu sapa dengan, “Tumben, nih Bu udah jarang mampir?” Dengan sapaan semacam itu kamu sudah membangun kedekatan hubungan dengan pelanggan kamu.

Kamu bisa mulai percakapan dengan hal-hal umum dan kemudian tawarkan juga layanan kamu yang lain atau sesederhana seperti ini misalnya, “Neng, kalau ada temennya atau kenalannya atau siapa aja yang mau daftar jadi driver Grab bisa lewat saya aja, ya!” Walaupun mungkin saat itu pelanggan nggak lagi butuh hal tersebut, tapi dia akan mengingatnya dan siapa tahu dia membutuhkanya di kemudian hari?

6. Melayani dari mana saja dan kapan saja
Kamu tahu, satu hal penting yang nggak dimiliki minimarket adalah, pelayanan mereka terbatas hanya untuk orang-orang yang datang ke minimarket tersebut. Dengan Kudo, kamu bisa melayani pelanggan kamu kapan saja dan di mana saja, bahkan ketika kamu tidak sedang berada di warung.

Kamu tinggal simpan kontak-kontak pelanggan setia kamu di ponsel yang biasanya setiap bulan membayar listrik atau tagihan lainnya di kamu. Setiap mereka mau bayar tinggal kontak kamu langsung. Jadi, sama-sama untung. Pelanggan kamu nggak perlu antre lagi untuk bayar listrik, mereka tinggal duduk manis aja, dan langsung transfer ke kamu, sementara semua tagihan mereka beres, kamu pun dapet komisi dan bonus lagi, yeay, asyik, kan?

7. Beramal dan berdoa
Setelah kamu menjalankan semua langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk selalu beramal dan berdoa. Dengan begitu, keuntungan yang kamu dapat pun akan semakin berkah. 
Oh, ya nggak cuma yang punya warung aja lho yang boleh pakai Kudo. Yang nggak punya warung juga bisa nambah-nambah penghasilan. Contohnya Ibu Wulan, Agen Kudo dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pekerjaannya sehari-hari adalah sebagai karyawan swasta. Di samping kerja, dia pun usaha jual pulsa dan pembayaran listrik lewat Kudo. Omzetnya per bulan bisa sampai Rp 50 juta! Oke banget, kan? Nih, lihat aja di video ini.




Gampang, banget kan #MajuinWarung pakai Kudo, buruan deh daftar jadi agen Kudo! Klik di sini: daftar agen Kudo
Jika sudah daftar kamu bisa lihat panduan lebih lanjutnya di sini: panduan agen Kudo








Merdekain Warung Tradisional Pakai Kudo, Aplikasi Digital Buat #MajuinWarung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar