Selasa, 12 Desember 2017

Bagaimana Kopi Kapal Api Bisa Memantik Inspirasi dan Kreativitas?


Di balik setiap karya yang hebat selalu ada kopi enak yang mendukungnya

Bagi saya, kopi bukan hanya sekadar minuman, tapi juga pemantik inspirasi tiada henti. Dalam buku Creativity Now: Get inspired, create ideas and make them happen! (2009) yang ditulis Jurgen Wolff dipaparkan bahwa apa yang kita makan berdampak pada fungsi otak kita. Makanan yang baik untuk otak dapat membantu kita lebih konsentrasi, termotivasi, mengurangi stres, hingga mencegah penuaan dini pada otak. Salah satu asupan yang baik untuk otak adalah kopi karena memiliki efek stimulan.

Mungkin itulah sebabnya mengapa banyak orang kreatif yang gemar minum kopi. Sebuah artikel di Huffingtonpost.com yang berjudul 9 Famous Geniuses Who Were Also Huge Coffee Addicts menjabarkan orang-orang terkenal yang gemar minum kopi, di antaranya Johann Sebastian Bach, Ludwig Van Beethoven, Benjamin Franklin, Voltaire, dan Søren Kierkegaard. Bahkan filsuf Jean-Paul Sartre dan Simone de Beauvoir kabarnya sering singgah di kedai kopi Les Deux Magots di Paris.

Kopi adalah Perekat Relasi Sosial

“Ngopi, yuk!” Kita tahu bahwa ajakan ngopi bukan sekadar duduk dan menenggak segelas atau secangkir kopi. Ajakan ini bisa berupa perantara untuk curhat, merembukkan ide, hingga merumuskan bisnis. Saya sering banget ngopi-ngopi cantik sama teman untuk saling sharing, sampai ngobrolin project baru. Kopi selalu sukses menjadi jembatan obrolan bagi siapa saja. Merekatkan kerenggangan hubungan antar teman jauh. Menjadi perantara lahirnya hubungan asmara. Menjadi saksi atas terjalinnya kerja sama. Menghangatkan kebekuan dalam suasana baru. Kopi adalah teman dari beragam macam pertemuan; lebih dari itu kopi adalah investasi pergaulan.

Mengapa Saya Memilih Kopi Kapal Api Sebagai Teman Berkarya?


Setelah deal untuk project menulis, saya punya kebiasaan mengerjakannya sambil ditemani secangkir atau segelas kopi. Tidak hanya project untuk klien, tapi self project saya yang berupa novel juga saya kerjakan sambil ditemani kopi. Kopi apa yang menemani proses kreatif saya dalam bekerja dan berkarya? Apalagi kalau bukan Kopi Kapal Api? Kenapa Kopi Kapal Api? Karena jelas lebih enak! Lantas, bagaimana kopi Kapal Api bisa mendongkrak kreativitas saya?


1. Kopi Kapal Api Mengundang Ide-Ide Tidak Terduga




Kafein dalam kopi meningkatkan kewaspadaan kita. Bagi saya, ini tidak hanya membantu saya lebih melek dan terjaga, tapi juga lebih waspada pada ide-ide yang menghampiri. Kopi seperti kantung ajaib yang membuat saya bisa mampu menggali banyak ide-ide baru. Menyeruput kopi Kapal Api sering sekali membuat saya mendapatkan “AHA!” moment atau eureka. Istilah di mana saya menyadari munculnya ide baru yang luar biasa. Saya mendapat ide novel saya juga setelah minum kopi Kapal Api.

2. Kopi Kapal Api Membuat Saya Berkomitmen Merealisasikan Ide



Sebaik-baiknya ide adalah yang diwujudkan dan sebaik-baiknya karya adalah yang diselesaikan.
Apalah artinya ide-ide yang brilian yang meledak dalam kepala jika tidak dieksekusi. Seringkali kita bisa kehilangan minat pada ide yang awalnya tampak luar biasa. Karena itu, yang terpenting adalah bagaimana menyelesaikan ide hingga menjadi sebuah karya akhir yang utuh. Ketika kebuntuan datang #SecangkirSemangat kopi Kapal Api mampu membuat saya keep going. Terbukti saya bisa menyelesaikan draf novel saya hanya dalam waktu tiga bulan! Kopi Kapal Api membuat saya menulis lebih cepat dan mengedit tulisan dengan lebih akurat. 

3. Coffee is My Creativity Booster



Kopi yang enak dan musik yang bagus adalah perpaduan sempurna bagi saya untuk meninggikan kreativitas. Jika butuh inspirasi saya senang mendengarkan lagu-lagu dari Banda Neira. Jika butuh semangat berlebih saya mendengarkan musiknya Barasuara yang lebih lebih nge-beat. Kalau lagi ingin dengar lagu dari berbagai penyanyi, saya menyetel radio. Kopinya? Tetap Kopi Kapal Api, dong!


Pikiran yang buntu jadi punya jalan baru. Ide yang mandek kembali menderas. Karena manfaat kopi ada banyak, lho! Sebuah penelitian berjudul Caffeine-Not just a stimulant yang dipublikasikan tahun 2010 di National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa konsumsi kafein dalam jumlah sedang memberikan banyak manfaat, di antaranya:


  • Meningkatkan energi
  • Mengurangi kelelahan fisik dan mental
  • Meningkatkan kinerja fisik dan kognitif
  • Meningkatkan kewaspadaan
  • Meningkatkan kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi
  • Meningkatkan kemampuan memori
  • Meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah
  • Meningkatkan kemampuan untuk membuat keputusan yang benar



Karena manfaat-manfaat di atas inilah, kopi bisa merangsang kita untuk lebih kreatif. Ide kreatif bisa datang saat fisik dan otak kita segar serta saat kita bisa berkonsentrasi dengan baik. Habis ngopi, apalagi kalau kopinya Kapal Api pasti langsung on fire!

Mengapa Kopi Kapal Api Jelas Lebih Enak?


Sudah tahu, kan bagaimana peran kopi Kapal Api mendongkrak kreativitas saya? Kopi Kapal Api jelas lebih enak untuk menemani saya berkarya. Tapi, kenapa kopi Kapal Api jelas lebih enak?

1. Terbuat dari Biji Kopi Pilihan

Kopi Kapal Api menggunakan biji kopi Arabika dan Robusta terbaik yang diseleksi dengan ketat. Sistem produksinya juga telah disesuaikan dengan standard dan regulasi yang berlaku di Indonesia. Itulah yang membuat rasanya jelas lebih enak dan aromanya nikmat.

2. Rasanya Nikmat dan Aromanya Khas


Saya paling senang kopi Lampung dari kopi Kapal Api. Rasanya dan aromanya bikin kangen. Kalau udah lama nggak ngopi pasti kangen. Saya biasanya tambahin beberapa sendok creamer dan sedikit gula, karena saya nggak suka kopi pahit. Kopi Lampung memang terkenal sebagai salah satu kopi terenak di Indonesia. Kopi Kapal Api Lampung ini enaaakkk baanget ditambahin creamer dan gula, rasanya makin mantap dan luar biasa!

3. Kopi Kapal Api Membuat Saya Bebas Berkreasi

Membuat kopi yang jelas lebih enak paling tepat memang dengan kopi Kapal Api. Saya bebas berkreasi meracik kopi yang sesuai selera saya dengan menambahkan creamer dan gula sesuka hati. Persis seperti proses melukis yang terkadang hasil akhirnya bisa tak terduga. Mencampur creamer dan gula juga membuat rasa kopi sering tak tertebak dan saya selalu suka! Kadang saya tambahkan gula yang lebih banyak dan creamer yang lebih sedikit atau sebaliknya untuk mendapatkan sensasi yang berbeda-beda.

4. Pasti Halal dan Aman


Kehalalan kopi Kapal Api juga sudah terjamin karena mendapat sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kopi Kapal Api juga telah mendapatkan sertifikasi dari Badan Sertifikasi Lloyd, serta terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jadi, sudah pasti terjamin aman untuk dikonsumsi.

5. Jaminan Mutu

Menurut website-nya kopi Kapal Api, merk kopi Kapal Api sudah ada sejak tahun 1927. Itu artinya sudah 90 tahun, lho! Brand dengan sejarah panjang seperti ini sudah tidak perlu diragukan lagi mutu dan kualitasnya. Kopi Kapal Api juga sering meraih penghargaan, seperti Double Platinum dalam survei Indonesia Best Brand Award (IBBA) tahun 2017 yang dilakukan oleh Majalah SWA dan lembaga survei Mars. Tidak tanggung-tanggung, penghargaan itu diraih selama 16 kali berturut-turut oleh kopi Kapal Api, canggih, ya?

Nah, sudah tahu, kan kenapa kopi #KapalApi #JelasLebihEnak ? Kopi Kapal Api selalu setia menemani saya menulis dan berkarya. Rasanya ada yang kurang kalau belum ngopi dan sering merasa buntu. Kopi membuat inspirasi meletup-letup minta ditangkap dan realisasi ide pun semakin lancar jaya. Kamu sendiri, sudahkah ngopi Kapal Api hari ini?


#KapalApi #JelasLebihEnak #KapalApiPunyaCerita
Foto & ilustrasi: Aprillia Ramadhina, dok. pribadi