Selasa, 12 Desember 2017

Bagaimana Kopi Kapal Api Bisa Memantik Inspirasi dan Kreativitas?


Di balik setiap karya yang hebat selalu ada kopi enak yang mendukungnya

Bagi saya, kopi bukan hanya sekadar minuman, tapi juga pemantik inspirasi tiada henti. Dalam buku Creativity Now: Get inspired, create ideas and make them happen! (2009) yang ditulis Jurgen Wolff dipaparkan bahwa apa yang kita makan berdampak pada fungsi otak kita. Makanan yang baik untuk otak dapat membantu kita lebih konsentrasi, termotivasi, mengurangi stres, hingga mencegah penuaan dini pada otak. Salah satu asupan yang baik untuk otak adalah kopi karena memiliki efek stimulan.

Mungkin itulah sebabnya mengapa banyak orang kreatif yang gemar minum kopi. Sebuah artikel di Huffingtonpost.com yang berjudul 9 Famous Geniuses Who Were Also Huge Coffee Addicts menjabarkan orang-orang terkenal yang gemar minum kopi, di antaranya Johann Sebastian Bach, Ludwig Van Beethoven, Benjamin Franklin, Voltaire, dan Søren Kierkegaard. Bahkan filsuf Jean-Paul Sartre dan Simone de Beauvoir kabarnya sering singgah di kedai kopi Les Deux Magots di Paris.

Kopi adalah Perekat Relasi Sosial

“Ngopi, yuk!” Kita tahu bahwa ajakan ngopi bukan sekadar duduk dan menenggak segelas atau secangkir kopi. Ajakan ini bisa berupa perantara untuk curhat, merembukkan ide, hingga merumuskan bisnis. Saya sering banget ngopi-ngopi cantik sama teman untuk saling sharing, sampai ngobrolin project baru. Kopi selalu sukses menjadi jembatan obrolan bagi siapa saja. Merekatkan kerenggangan hubungan antar teman jauh. Menjadi perantara lahirnya hubungan asmara. Menjadi saksi atas terjalinnya kerja sama. Menghangatkan kebekuan dalam suasana baru. Kopi adalah teman dari beragam macam pertemuan; lebih dari itu kopi adalah investasi pergaulan.

Mengapa Saya Memilih Kopi Kapal Api Sebagai Teman Berkarya?


Setelah deal untuk project menulis, saya punya kebiasaan mengerjakannya sambil ditemani secangkir atau segelas kopi. Tidak hanya project untuk klien, tapi self project saya yang berupa novel juga saya kerjakan sambil ditemani kopi. Kopi apa yang menemani proses kreatif saya dalam bekerja dan berkarya? Apalagi kalau bukan Kopi Kapal Api? Kenapa Kopi Kapal Api? Karena jelas lebih enak! Lantas, bagaimana kopi Kapal Api bisa mendongkrak kreativitas saya?


1. Kopi Kapal Api Mengundang Ide-Ide Tidak Terduga




Kafein dalam kopi meningkatkan kewaspadaan kita. Bagi saya, ini tidak hanya membantu saya lebih melek dan terjaga, tapi juga lebih waspada pada ide-ide yang menghampiri. Kopi seperti kantung ajaib yang membuat saya bisa mampu menggali banyak ide-ide baru. Menyeruput kopi Kapal Api sering sekali membuat saya mendapatkan “AHA!” moment atau eureka. Istilah di mana saya menyadari munculnya ide baru yang luar biasa. Saya mendapat ide novel saya juga setelah minum kopi Kapal Api.

2. Kopi Kapal Api Membuat Saya Berkomitmen Merealisasikan Ide



Sebaik-baiknya ide adalah yang diwujudkan dan sebaik-baiknya karya adalah yang diselesaikan.
Apalah artinya ide-ide yang brilian yang meledak dalam kepala jika tidak dieksekusi. Seringkali kita bisa kehilangan minat pada ide yang awalnya tampak luar biasa. Karena itu, yang terpenting adalah bagaimana menyelesaikan ide hingga menjadi sebuah karya akhir yang utuh. Ketika kebuntuan datang #SecangkirSemangat kopi Kapal Api mampu membuat saya keep going. Terbukti saya bisa menyelesaikan draf novel saya hanya dalam waktu tiga bulan! Kopi Kapal Api membuat saya menulis lebih cepat dan mengedit tulisan dengan lebih akurat. 

3. Coffee is My Creativity Booster



Kopi yang enak dan musik yang bagus adalah perpaduan sempurna bagi saya untuk meninggikan kreativitas. Jika butuh inspirasi saya senang mendengarkan lagu-lagu dari Banda Neira. Jika butuh semangat berlebih saya mendengarkan musiknya Barasuara yang lebih lebih nge-beat. Kalau lagi ingin dengar lagu dari berbagai penyanyi, saya menyetel radio. Kopinya? Tetap Kopi Kapal Api, dong!


Pikiran yang buntu jadi punya jalan baru. Ide yang mandek kembali menderas. Karena manfaat kopi ada banyak, lho! Sebuah penelitian berjudul Caffeine-Not just a stimulant yang dipublikasikan tahun 2010 di National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa konsumsi kafein dalam jumlah sedang memberikan banyak manfaat, di antaranya:


  • Meningkatkan energi
  • Mengurangi kelelahan fisik dan mental
  • Meningkatkan kinerja fisik dan kognitif
  • Meningkatkan kewaspadaan
  • Meningkatkan kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi
  • Meningkatkan kemampuan memori
  • Meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah
  • Meningkatkan kemampuan untuk membuat keputusan yang benar



Karena manfaat-manfaat di atas inilah, kopi bisa merangsang kita untuk lebih kreatif. Ide kreatif bisa datang saat fisik dan otak kita segar serta saat kita bisa berkonsentrasi dengan baik. Habis ngopi, apalagi kalau kopinya Kapal Api pasti langsung on fire!

Mengapa Kopi Kapal Api Jelas Lebih Enak?


Sudah tahu, kan bagaimana peran kopi Kapal Api mendongkrak kreativitas saya? Kopi Kapal Api jelas lebih enak untuk menemani saya berkarya. Tapi, kenapa kopi Kapal Api jelas lebih enak?

1. Terbuat dari Biji Kopi Pilihan

Kopi Kapal Api menggunakan biji kopi Arabika dan Robusta terbaik yang diseleksi dengan ketat. Sistem produksinya juga telah disesuaikan dengan standard dan regulasi yang berlaku di Indonesia. Itulah yang membuat rasanya jelas lebih enak dan aromanya nikmat.

2. Rasanya Nikmat dan Aromanya Khas


Saya paling senang kopi Lampung dari kopi Kapal Api. Rasanya dan aromanya bikin kangen. Kalau udah lama nggak ngopi pasti kangen. Saya biasanya tambahin beberapa sendok creamer dan sedikit gula, karena saya nggak suka kopi pahit. Kopi Lampung memang terkenal sebagai salah satu kopi terenak di Indonesia. Kopi Kapal Api Lampung ini enaaakkk baanget ditambahin creamer dan gula, rasanya makin mantap dan luar biasa!

3. Kopi Kapal Api Membuat Saya Bebas Berkreasi

Membuat kopi yang jelas lebih enak paling tepat memang dengan kopi Kapal Api. Saya bebas berkreasi meracik kopi yang sesuai selera saya dengan menambahkan creamer dan gula sesuka hati. Persis seperti proses melukis yang terkadang hasil akhirnya bisa tak terduga. Mencampur creamer dan gula juga membuat rasa kopi sering tak tertebak dan saya selalu suka! Kadang saya tambahkan gula yang lebih banyak dan creamer yang lebih sedikit atau sebaliknya untuk mendapatkan sensasi yang berbeda-beda.

4. Pasti Halal dan Aman


Kehalalan kopi Kapal Api juga sudah terjamin karena mendapat sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kopi Kapal Api juga telah mendapatkan sertifikasi dari Badan Sertifikasi Lloyd, serta terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jadi, sudah pasti terjamin aman untuk dikonsumsi.

5. Jaminan Mutu

Menurut website-nya kopi Kapal Api, merk kopi Kapal Api sudah ada sejak tahun 1927. Itu artinya sudah 90 tahun, lho! Brand dengan sejarah panjang seperti ini sudah tidak perlu diragukan lagi mutu dan kualitasnya. Kopi Kapal Api juga sering meraih penghargaan, seperti Double Platinum dalam survei Indonesia Best Brand Award (IBBA) tahun 2017 yang dilakukan oleh Majalah SWA dan lembaga survei Mars. Tidak tanggung-tanggung, penghargaan itu diraih selama 16 kali berturut-turut oleh kopi Kapal Api, canggih, ya?

Nah, sudah tahu, kan kenapa kopi #KapalApi #JelasLebihEnak ? Kopi Kapal Api selalu setia menemani saya menulis dan berkarya. Rasanya ada yang kurang kalau belum ngopi dan sering merasa buntu. Kopi membuat inspirasi meletup-letup minta ditangkap dan realisasi ide pun semakin lancar jaya. Kamu sendiri, sudahkah ngopi Kapal Api hari ini?


#KapalApi #JelasLebihEnak #KapalApiPunyaCerita
Foto & ilustrasi: Aprillia Ramadhina, dok. pribadi



38 komentar:

  1. Hmmm, kopi teman paling setia yang pernah ada... Pemacu semangat sebelum beraktivitas, termasuk ngeblog. Saya juga sering banget ngopi kalo mau ngeblog, katanya sih biar dapat inspirasi menulis.... hehheehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mas kopi bikin inspirasi terpancurrrr hihi

      Hapus
  2. hahaha, aku juga suka minum kopi meski ga banyak, tapi ga ada jadwal khusus sih Mba, nopi ya ngopi saja

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Karena kopi emang enak! Apalagi kopi kapal api jelas lebih enak 😄

      Hapus
  4. setuju banget! kopi memang mengundang ide tak terduga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya surprising bgt! Saya sering dapet AHA! Moment kalo abis minum kopi 😊

      Hapus
  5. Oh, no! Baca ini sore-sore jadi bikin aku pengen ngopi, hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngopi sore, ngemil, dengerin musik atau baca buku endeusss yaaa

      Hapus
  6. wah minum yang kopi kapal api lampung ya.. kalo aku suka yang spesial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka yg spesial. Tapi yang Lampung ini sensasinya lebih beda 😊

      Hapus
  7. Meskipun bukan coffee addict, aku juga suka ngopi, yang hitam warnanya, apalagi masih ada klethis-klethisnya (tumbukan yang agak kasar). Minumnya di cangkir putih. Mantappp ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa aku malah suka kopi hitam pke gula n creamer lbh manis dam soft hihi

      Hapus
  8. Aku kebiasaan minum kopi siang hari, pas lagi ngantuk-ngantuknya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul antara jam 10 sampe jam 2 siang itu pas biar melek sampe sore 😋

      Hapus
  9. aku juga kopi lover mba,,, kapal api kopi hitam yang cocok buat ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos!! Cm kapal api kopi sachet yg nyaman d lambung aku

      Hapus
  10. Saya bukan CoffeeLovers, tapi ibu saya pecinta kapalapi, hahaha.Sejak saya SD sudah pakai Kopi Kapal Api, nice sharing mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kopi yg udah legendaris bgtlah Kapal Api 😁

      Hapus
  11. suamiku pecinta kopi kapal api tanpa kopi ngoding ga bisa katanya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerja kreatif biasanya addict sm kopi hihi. Apalagi kapal api 😄

      Hapus
  12. Kopi memang moodboster paling mujarabb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul skaliii. Kopi mujarab untuk menjaga kewarasan di dunia yg semakin gila 😂

      Hapus
  13. Mantap emang mbak yang namanya kopi kapal Api, sahabat dekatku saat mengerjakan skripsi atau nulis blog :)

    BalasHapus
  14. Pak suami selalu pakai kupi inii mbaa. Aku suka harumnya 😁 Salam kenal mba...

    BalasHapus
  15. Saya lagi rajin minum kopi jugak nih mbak..kopi tawar dipagi hari. Kafeinnya membantu dalam pembakaran lemak..lagi diet ceritanya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaak betul kopi bikin pencernaan lbh lancar ;)

      Hapus
  16. Kalau ingat kopi kapal kapi, ingat alm Ayah, duka banget kopi Kapal Api. Kalau aku biasanya pake susu kental manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal api emang asik bgt dicampur bahan lain tanpa ngurangin rasa alaminya yang otentik itu :)

      Hapus
  17. kopi memang mood booster banget ya buat kita2 ini ^_^

    BalasHapus
  18. Terus pas baca tagline "jelas lebih enak" bawaannya pengin niruin kayak di iklan hehe.

    Aku juga suka kopi mba, dulu, sebelum susah tidur parah menyerang 😁

    Tapi liat manfaat kafein sedang yang mba infokan di artikel ini membuatku tergoda pengin ngopi lagi, kangen rasanya. Apalagi ngopi kapal api. Kopi instan pertama yang aku coba karena dulu alm kakek nyetoknya kapal api hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tagline nya itu memorable sekali ya hahaha. Semenjak punya anak aku lebih sering ngopi. Biar kuat ngadepin hidup haha

      Hapus