Minggu, 19 November 2017

Gue Pengen Museum di Jakarta Jadi Primadona Wisata yang Memesona


Bosan pergi ke mall di akhir pekan, saya dan teman saya Fitri akhirnya merencanakan tur wisata ke museum-museum di Jakarta. Kami janjian di Halte TransJakarta Monas. Museum yang pertama ingin kami kunjungi adalah Museum Taman Prasasti. Karena saya belum pernah sama sekali berkunjung ke museum ini.

Letak Museum Taman Prasasti ada di Jl. Tanah Abang I no.1. Tapi bukan berarti dekat dari stasiun Tanah Abang, lho. Untuk sampai ke sini, saya dan Fitri jalan kaki dari Halte Transjakarta Monas. Nggak terlalu jauh dan lumayan buat sekalian olahraga.

Lonceng Kematian. Biasanya dibunyikan kalau ada jenazah baru yang akan dimakamkan

Sesampainya di sana kami langsung menuju tempat pembelian tiket.
“Untuk dewasa dua orang jadi 10.000. Mau dipandu untuk keliling Mbak?”
“Wah, boleh Mas, biar lebih paham.” Dengan senang hati kami mau aja dipandu sama guide museum. Biar nggak bengong-bengong aja kan ngeliatin makam.

Mas Yudi, Pemandu Museum Taman Prasasti

Mas Yudi, pemandunya asyik banget ngejelasin kami satu persatu tentang isi museum ini. Saya jadi sedikit belajar juga tentang sejarah. Setiap nisan di museum ini punya cerita-cerita yang menarik.

Saya cukup merinding ketika melihat monumen Pieter Erberveld. Ada semacam tengkorak yang ditusuk dan ditaruh di atas nisannya. Mas Yudi pun menjelaskan bahwa Pieter Erberveld ini dulunya seorang pemberontak yang ingin membunuh orang-orang Belanda, tapi rencananya ini ketahuan pemerintah Belanda. Dia pun dihukum dengan cara yang kejam.

monumen Pieter Erberveld

Tubuhnya ditarik dengan empat ekor kuda ke empat arah berlawanan, sampai tubuhnya terpecah dan berserakan di jalan. Hiii, ngeri banget, ya. "Lokasi eksekusinya sampai saat ini dikenal dengan sebutan Kampung Pecah Kulit." ujar mas Yudi menyebut daerah di JL. Pangeran Jayakarta, Jakarta Barat. Wah, nggak nyangka ya di balik nama sebuah kampung ternyata diambil dari tragedi yang mengerikan.

Nisan istrinya Raffles

Selain nisan dan makam ada ornamen-ornamen patung malaikat yang artistik. Kami juga melihat nisan makam Olivia Marianmne Raffles, istrinya Thomas Stamford Raffles. Di sebelahnya ada makam sahabatnya, Jhon Casper Leyden. "Sebelum meninggal memang dia berpesan ingin dimakamkan di sebelah makam sahabatnya itu." ujar mas Yudi. Ada juga nisan Monsignor Adami Caroli Claessens, seorang Uskup yang juga berjasa membangun kembali Gereja Kathedral yang sempat roboh pada tahun 1890.


Yang juga cukup menarik perhatian adalah tugu berwarna hijau yang ternyata Monumen J.J. Perie, seorang Mayor Jenderal Belanda yang berprestasi, ia mendapatkan gelar bangsawan dan dianugerahi Order of the Lion Belanda. 
Soe Hok Gie, yang meninggal di usia muda, 27 tahun :(


Nggak cuma nisan atau makam orang Belanda aja yang ada di sini. Ada peti Soekarno dan Hatta juga dan nisannya Soe Hok Gie. "Jenazahnya sendiri sudah dikremasi dan abunya ditabur ke dalam kawah Mandala Wangi, Gunung Pangrango, gunung favoritnya dia." lanjut mas Yudi saat kami berada di depan nisan Soe Hok Gie.

Komunitas sketsa yang fokus banget ngegambar

Saat itu museum lumayan ramai, ada komunitas sketsa sibuk ngegambar di sekitar museum. Setelah dari museum Taman Prasasti, kami jalan kaki lagi ke halte TransJakarta Monas dan naik bus TransJakarta ke kawasan Kota Tua. Kami berdua lanjut jelajah ke Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik.
Selfie dulu :D



5 Harapan Saya untuk Museum di Jakarta


Seru banget ternyata wisata jelajah museum-museum di Jakarta. Lima keinginan saya untuk museum di Jakarta ini mungkin bisa membuatnya menyedot lebih banyak pengunjung.

Gue pengen Museum di Jakarta Jadi…

1. Tempat Hangout-nya Anak Muda Kekinian

Bergaya di depan lukisan karya Affandi di Museum Seni Rupa dan Keramik

Kalau ada kafe di museum bisa jadi tempat rehat orang-orang yang capek setelah menjelajah museum. Bisa juga dibuat mural yang artsy di dinding-dinding museum atau photo booth. Jadi kita-kita bisa selfie atau wefie dengan background yang instagramable dan tinggal dipamerin ke media sosial.

2. Tempat Wisata Favorit Keluarga

Ada Si Unyil dan kawan-kawannya di Museum Wayang :)

Museum belum jadi tempat wisata favorit keluarga karena dianggap membosankan. Museum yang banyak acara seru untuk keluarga pasti akan jadi tempat favorit untuk rekreasi. Misalnya di museum Wayang yang banyak wayang dan boneka kalau ada pertunjukan bonekanya pasti lebih menyenangkan.

3. Tempat Berkolaborasi bagi Pekerja Kreatif

Seru ya ngelihat museum ramai begini :D

Museum yang dipadukan coworking space mungkin akan lebih menarik. Ruangan yang nyaman dengan tempat duduk yang empuk, wifi yang kencang dan dikelilingi benda-benda bersejarah pasti dapat mendatangkan inspirasi.  


4. Tempat Bermain Anak yang Edukatif

Kalau saja museum dibuat lebih interaktif pasti akan lebih menyenangkan. Misalnya ada ruang bermain anak yang berkaitan dengan isi museum. Sambil bermain, anak-anak juga jadi bisa belajar.

5. Tempat Ikonik yang Wajib dikunjungi Wisatawan

Belum pas rasanya kalau ke Paris tapi belum ke museum Louvre yang ada piramid transparan besarnya itu. Di dalam museumnya juga ada karya terkenal dari Leonardo da Vinci yakni "Mona Lisa". Kalau museum di Jakarta mau lebih populer di kalangan wisatawan baik dalam dan luar negeri, bisa dibuat iconic building atau main attraction yang menjadi daya tarik utama untuk menyedot perhatian.

Semoga museum-museum di Jakarta bisa terus berbenah dan berinovasi jadi tempat yang lebih nyaman, seru dan banyak menyajikan acara menarik. Karena dengan adanya event akan membuat sebuah tempat menjadi lebih hidup dan banyak dikunjungi. Saya berharap ke depannya museum-museum di Jakarta jadi primadona wisata yang semakin banyak menarik wisatawan nusantara dan mancanegara. Amin!

#EnjoyJakarta #enjoyjakmuseum #jakartatourism
*Catatan: Kunjungan ke 3 museum di atas dilakukan pada bulan November 2017
Foto & Ilustrasi: Aprillia Ramadhina & koleksi pribadi

20 komentar:

  1. Seru banget ini mba aku juga suka ke museum macam gini. harapanku juga y museum kek gini ga hanya dikunjungi cmn bbrp x tp yg bikin jd sepi n horor tp bisa jd tempat ramai n edukatif btw aku baru tau ttg kampung pecah kulit sjarahnya ngeri amat 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak betul, banyak museum yg masih terkesan suram dan creepy, semoga bisa terus berbenah jd lebih menarik ya mba :)

      Hapus
  2. Di daerahku di Polewali Mandar gak ada museum, hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kah? Klo k Jakarta puas2in kak k museum, buanyak bgt di sini hehe

      Hapus
  3. Wih, jalan-jalannya seru banget. Aku juga suka jalan-jalan ke Museum. Tapi karena aku gak punya terlalu banyak temen, seringnya aku jalan-jalan sendiri. Seringnya aku ke Museum Nasional sampe satpamnya pada hapal... hahahahah kalo udah di situ, biasanya aku bisa ngabisin waktu berjam-jam sendiri. Aku jg suka ke museum wayang. Mbak, cobain ke museum Bahari deh. Jauh sih di penjaringan :D hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah boleh juga tuh museum Bahari, belum pernah jg ke sana hahaha

      Hapus
  4. Demen banget dulu pas di Jakarta tiap weekend ke museum. Kayak merasa belajar sejarah sambil wisata. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serunya lg klo ada event atau pameran jd berasa beda aja suasananya hehe

      Hapus
  5. dua tahun lalu aku menyempatkan mampir ke museum ini, ah jadi ingat buat nulis ceritanya juga.

    BalasHapus
  6. Setuju banget, kalau anak muda nongkrong nya disini, bisa nambah-nambah pengetahuan daripada keluyuran ketempat yg ga karuan kan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tinggal dibuat lebih nyaman dan asyik juga buat nongkrong, pasti betah deh

      Hapus
  7. Setuju banget nih mba sama idenya. Anak generasi now jangan taunya cuma jalan-jalan dan nongkrong ke mall atau cafe aja, tapi juga ke museum, biar nambah pengetahuan dan sejarah RI. Museum yang cukup ramai dikunjungi baru di Kota Tua aja, karena banyak spot menarik disana, makanya gak heran banyak banget wisatawan lokal maupun mancanegara yang sering berkunjung. Dan lainnya ada di TMII.

    Itu yang tragedi dialami sama Pieter serem abis dah, sampe diabadikan jadi nama jalan.. BTW ini museum isinya makam semua ya, saya aja belum pernah kesini, hehehe

    Thanks for the sharing...

    BalasHapus
  8. Betul Mas Kota Tua rame karna bnyk tempat nongkrongnya haha. Dan aksesnya gampang dr mana2, bisa naik kereta, naik bus transjak. Banyak museum yg transportasi umumnya rada susah. Iya makam semua tp bnyk buat prewed jg di situ sculpture nya menarik 😀

    BalasHapus
  9. Enak kalau ke museum pakai pemandu kaya gitu jadi nggak bengong dan tau srjarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi lebih paham. Jd berasa turis deh 😁

      Hapus
  10. sebelum baca buku eric weiner, the geography of bliss, sy jg beranggapan museum tempat membosankan karena ya gitu-gitu aja. Tp sekarang belajar mencintai museum jd sy setuju banget dengan 5 harapan untuk museumnya... semoga tidak hanya di Jakarta tp seluruh museum di Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, Mbak. Semoga semua museum di seluruh Indonesia bisa maju ya 😁

      Hapus
  11. aku pecinta museum. galeri dan tempat tempat sejenis.. hang out di museum oke juga yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Seru apalagi klo bisa sambil ngetik2 dan ngopi2 d museum 😂

      Hapus