Sabtu, 19 Oktober 2019

Meresapi Lagom, Keseimbangan Hidup yang Membahagiakan di Apartemen Skandinavia Tangerang



Kebahagian bisa timbul dari kesederhanaan hidup. Kesederhanaan dalam artian hidup yang sesuai, yang tidak berlebihan maupun kekurangan. Hal-hal yang berlebihan biasanya tidak baik. Terlalu banyak pikiran bisa membuat kita stres. Terlalu banyak bekerja bisa membuat kita kelelahan. Terlalu banyak makan bisa membuat kita malas bergerak. Bahkan, terlalu banyak tidur pun bisa bikin pusing kepala. 



Begitu pun juga hal yang terlalu sedikit, biasanya juga tidak baik. Kurang istirahat, kurang olahraga, kurang piknik, apalagi kalau kurang kasih sayang, hahaha. Terlalu berlebihan atau terlalu kekurangan nyatanya bisa bikin hidup jadi berantakan. Bisa jadi, kunci untuk merasakan kebahagiaan adalah dengan menyeimbangkan hidup. 

Seperti contohnya filosofi hidup di masyarakat Swedia. Bagi mereka, hidup yang bahagia itu adalah hidup yang seimbang. Seimbang dalam artian tidak lebih dan tidak kurang. Mereka menyebutnya dengan istilah “Lagom” (not too little, not too much, just right). Tidak heran, jika negara Swedia termasuk dalam daftar 10 negara yang paling bahagia di dunia menurut data peringkat kebahagiaan World Happiness Report yang dikeluarkan Sustainable Development Solutions Network untuk Persatuan Bangsa-Bangsa pada bulan Maret 2019. Bagaimana kita belajar merasakan lagom, filosofi hidup bahagia ala orang Swedia ini?


Seni Hidup Merasa Cukup

Foto: Aprillia Ramadhina

Apa yang paling membuat orang merasa menyedihkan? Menginginkan sesuatu yang tak bisa dimiliki. Selalu merasa kekurangan dan tak pernah cukup. Selalu mengharapkan lebih dan lebih lagi. Ketika yang didapat tak sesuai harapan, kekecewaan yang mendalam pun dirasakan. Alhasil, bahagia pun jauh dari jangkauan.

Ada seorang ibu rumah tangga yang senantiasa bersedih karena nggak bisa berkarier lagi. Sementara itu, ada seorang wanita karier dengan jabatan mentereng yang selalu murung karena tak juga diberikan anak kecil yang memanggilnya “ibu”. Keadaan yang kita anggap menyedihkan saat ini, bisa jadi adalah keadaan yang sangat didambakan orang lain di luar sana.  

Kita selalu melihat bahwa rumput tetangga selalu lebih hijau, tanpa mensyukuri hijaunya rumput kita sendiri. Kita mudah iri dengan mereka yang berlimpah materi, tanpa melihat hal-hal berharga yang kita miliki. Tidak semua orang memiliki bakat untuk selalu merasa cukup. Sebagian orang perlu belajar merasa cukup secara bertahap sepanjang hidupnya.

Merasa cukup bukan berarti pasrah atau bebas bermalas-malasan. Tapi bagaimana agar hidup selaras antara harapan dan perjuangan. Bukan menyiksa diri berlebihan demi ekspektasi yang ketinggian. Dengan mengedepankan hidup yang seimbang, lagom juga berarti menjalankan seni hidup merasa cukup. Sehingga tidak merasakan kekecewaan yang terlalu atau kegelisahan yang tak perlu. 


Lagom dalam Self Love

Infografis: Aprillia Ramadhina

Bagian dari mencintai dan menyayangi diri sendiri adalah ketika kita membiarkan bahagia datang ke dalam hidup kita secara natural. Hal ini juga yang menjadi hakikat dari lagom. Kebahagiaan, semakin dikejar justru akan semakin membuat frustasi. Dengan mencintai diri, kita bisa lebih meresapi kehadiran lagom dalam diri kita.

Lagom dalam self love adalah keadaan di mana kita merasa contentment, mendapatkan kepuasan hati. Kita bisa memulainya dengan hal sederhana seperti melakukan pekerjaan yang kita sukai. Berteman dengan orang-orang yang mengapresiasi bukan yang toxic. Tahu kapan harus istirahat bekerja ketika sudah kecapekan. Tahu kapan untuk berolahraga dan bergerak aktif untuk hidup yang lebih sehat. Lebih merawat diri agar kita selalu menerima diri kita dengan sepenuh hati.

Merasakan Lagom Dimulai dari dalam Tempat Tinggal

Unit Alter Ego (1 bedroom) di apartemen Skandinavia. Foto: Aprillia Ramadhina.

Rumah bukanlah sekadar tempat kita berteduh dari panas dan hujan. Rumah adalah tempat kita mempersiapkan diri sebelum memulai langkah untuk semua perjalanan luar biasa di luar sana. Rumah adalah tempat pulang di mana kita bisa merebahkan segala lelah dan penat. 

Karena itu, kita perlu tempat tinggal yang merangkul pikiran dan perasaan kita. Ruang yang menaungi harapan dan impian kita. Lagom, bisa dihadirkan melalui tempat yang paling akrab dengan kita, yaitu tempat tinggal.

Berbagai cara bisa kita lakukan, mulai dari rajin declutter (memilah barang-barang yang tidak lagi diperlukan), hingga menciptakan ruang yang sarat akan unsur keseimbangan yang menentramkan perasaan melalui pemilihan warna dan desain furnitur.


Untuk bisa merasakan lagom, keseluruhan aspek dan elemen baik di dalam dan di luar tempat tinggal harus bisa mendukung keseimbangan hidup kita. Membuat kita merasa bahwa rumah ini adalah tempat tinggal yang paling tepat dan paling pas untuk kita.




Desain Interior yang Mengandung Lagom

Unit Alter Ego (2 bedroom) di apartemen Skandinavia. Foto: Aprillia Ramadhina.

Menghadirkan lagom dalam rumah berarti menerapkannya melalui berbagai aspek dalam desain interior. Mulai dari warna ruangan, furnitur, hingga material yang menyusunnya. Lagom yang diadopsi dalam desain interior, diwakilkan melalui tren desain interior bergaya khas Skandinavian yang tak lekang oleh zaman. 

Lagom dalam furnitur menghadirkan bentuk-bentuk desain dan palet warna yang sederhana dan lembut. Warna-warna yang digunakan biasanya meliputi warna netral seperti warna pastel, putih, abu-abu, dan cokelat, atau warna-warna yang calm dan peaceful

Prinsip Lagom juga diadopsi dalam furnitur berdesain minimalis yang berfungsi maksimal. Seperti misalnya lemari dengan pintu geser untuk hemat ruang, floating shelf (rak gantung), dan kursi atau meja berkaki jengki. Ini membuat ruangan menjadi tampak lebih clean dan lebih lega, serta membuat ruang gerak menjadi lebih luas.


Meresapi Lagom di Apartemen Skandinavia Tangerang

Foto: Aprillia Ramadhina.

Merasakan keseimbangan akan semakin optimal jika tidak hanya didukung dari suasana di tempat tinggal tapi juga di lingkungan sekitar. Itu semua bisa kamu temukan ketika berkunjung ke apartemen Skandinavia, yang berlokasi di kota Tangerang. 

Di dalam apartemen maupun di lingkungan sekitarnya, kamu bisa merasakan lagom yang membahagiakan. Ini 10 hal yang bisa kamu dapatkan di apartemen Skandinavia untuk merasakan lagom feels, a balance life within family, friendship, carrier and health.

 
1. Bersantai di apartemen dengan desain interior bergaya khas Skandinavian yang menenangkan perasaan

Unit Alter Ego (2 bedroom) di apartemen Skandinavia. Foto: Aprillia Ramadhina


Ruang keluarga yang hangat bisa menjadi tempat berkumpul dan bersantai keluarga dengan penuh keceriaan. Sofa yang lebar, bantal-bantal sofa yang empuk, ditambah cemilan dan menonton film kesukaan bersama sudah cukup menentramkan hati. Ruang makan yang mungil juga bisa membuat keluarga semakin erat. Sambil bersantap bersama, masing-masing anggota keluarga bisa makin akrab.

Unit Alter Ego (1 bedroom) di apartemen Skandinavia. Foto: Aprillia Ramadhina

Keseluruhan warna dan bentuk desain yang ditawarkan sungguh membuat hati tenang dan nyaman. Dominasi warna netral seperti abu-abu, putih dan cokelat membuat ruangan tampak terang, luas, tapi juga tidak pucat dan membosankan. Unsur alam juga dihadirkan dalam ruangan, elemen kayu juga membuat suasana menjadi lebih hangat. Dijamin stress langsung reda dan hilang kalau pulang ke rumah seperti ini.


2. Berenang bersama keluarga di Infinity Swimming Pool

Infinity Swimming Pool di apartemen Skandinavia. Foto: Aprillia Ramadhina

Selain bersantai di dalam apartemen, kita sekeluarga juga bisa bermain air bersama di Infinity Swimming Pool yang terletak di lantai 6A. Bener-bener bikin badan relaks banget, berenang langsung dipayungi langit. Karena tidak ada partisi di bagian pinggirnya, pandangan jadi terasa luas dan nggak berbatas. Kepala dijamin langsung terasa enteng setelah berenang di sini.



3. Belanja ke TangCity Mall dan Rekreasi ke Taman Potret

Foto: Aprillia Ramadhina

Mau belanja kebutuhan bulanan tinggal ke Carrefour yang ada di TangCity. Di sana juga banyak tenant fashion seperti Giordano, Minimal, Polo Ralph Lauren, Logo Jeans, dan lain-lain. Mau beli sepatu juga ada store Bata, Marie Claire, Sport Station. Mau beli skincare ada The Body Shop, dan booth Wardah serta Emina. Mau makan ada Solaria, KFC, Burger King, dan masih banyak lagi. 

Mau main sama anak ada Fun World, nonton film tinggal ke XXI. Mau jajan ada Chatime, Gulu-Gulu, Shihlin, dan lain-lain. Wah lengkap banget deh! Lokasi TangCity pas banget sebelahan apartemen Skandinavia, deket banget! Ingin merasakan nuansa yang lebih segar dengan melihat yang hijau-hijau? Tinggal jalan ke sebelahnya, yaitu Taman Potret.

 


4. Nge-gym di Skandifit untuk tubuh yang lebih fit

Skandifit, fitness center di apartemen Skandinavia. Foto: Aprillia Ramadhina


Selain berenang, kita juga bisa menjaga kebugaran di fitness center bernama Skandifit yang letaknya di samping kolam renang. Peralatan fitness-nya juga cukup lengkap. Jadi nggak perlu repot-repot lagi untuk berolahraga ke luar.

 
5. Berkumpul bersama teman-teman di Nordic Corner

Nordic Corner, multi purpose room di apartemen Skandinavia. Foto: Aprillia Ramadhina.

Apartemen Skandinavia juga menyediakan ruang serba guna bernama Nordic Corner. Di sini kamu bisa berkumpul bersama teman-teman. Mulai dari sekadar ngobrol, dan curhat, sampai arisan! Mau meeting tentang kerjaan atau bisnis juga bisa di sini.

 
6. Menjemput Inspirasi di Coffee Shop

Foto: Instagram @skandinaviaapartment

Mau kerja dengan suasana baru tinggal jalan kaki ke Starbucks atau QQ Kopitiam. Duduk tenang sambil menyeruput kopi kesukaan dijamin inspirasi akan banyak berdatangan.


7. Area perkantoran dan beragam jenis usaha di area Business Park

Foto: Instagram @skandinaviaapartment.

Di sekitar apartemen Skandinavia juga terdapat Premium Office Park, di mana merupakan area perkantoran dan bisnis, termasuk kantor berbagai bank, mulai dari Bank BCA, CIMB Niaga, BRI, BNI dan lain-lain.

 
8. Lokasi strategis dan kemudahan akses transportasi publik

Foto: Instagram @skandinaviaapartment.

Untuk kita yang kerja di Jakarta juga enak banget kalau tinggal di sini. Karena lokasi apartemen ini dekat dengan stasiun kereta api, bandara, juga akses tol ke Jakarta. Mau ke Bandung juga gampang banget, tinggal naik Daytrans dari Tangstation di TangCity Mall.


9. Kemudahan hidup dengan Genius Home System 

Foto: Instagram @skandinaviaapartment

Selain didukung dengan beragam fasilitas yang lengkap, ada fasilitas lain yang cukup menonjol yaitu Genius Home System. Sistem ini melebihi sistem smart home. Smart home system biasanya hanya mengatur perangkat elektronik dalam suatu ruangan, sedangkan Genius Home System mengatur secara integrasi untuk komunikasi ke pengelola, bisa melalui e-concierge, e-engineering, e-tenant relation, e-billing sampai e-shopping. Hanya dengan semudah menekan tombol kita bisa memesan makanan di TangCity. Wow!



10. Cari parkir tanpa stres karena rasio parkir 1:1

Foto: Instagram @skandinaviaapartment.

    
                                                                                         
Selain itu, yang juga menjadi keunggulan adalah 1:1 parking ratio. Dijamin penghuni yang baru pulang kerja nggak perlu ditambah stres nyari parkiran. Dari 1.065 unit yang tersedia, ada 1.095 lot parkir. Nggak makan waktu dan bisa langsung istirahat dengan cepat di kamar. Bener-bener asyik, kan?


Lagom, Unit Terbaru di Apartemen Skandinavia

Foto: Instagram @skandinaviaapartment

Prinsip Lagom yang mengusung keseimbangan diadaptasi juga ke dalam nama unit baru yang diluncurkan oleh apartemen Skandinavia. Ruangan terasa lebih luas karena dibuat tanpa partisi antara living room dengan bedroomSelain itu, meja panjang yang menyatu dengan rak tingkat menjadi meja multifungsi yang bisa menjadi bedside table atau nakas, sekaligus tambahan meja di living room. Rak ini juga bisa menjadi "pembatas ruangan" antara dua fungsi ruang yang berbeda.


Foto: Instagram @skandinaviaapartment

Pilihan coffe table atau meja ruang keluarga yang mungil dan kaki yang tipis juga dapat menghemat ruang. Tanpa dekorasi dan perabotan yang tidak perlu, ruangan akan sangat nyaman digunakan untuk beragam aktivitas, karena tidak terlihat sumpek, penuh dan sempit. Pada gambar di atas hanya salah satu contoh unit Lagom yang full furnished. Namun, unit ini juga tersedia dalam unfurnished, jadi kita bisa bebas menempatkan dan memilih furnitur sesusai selera kita.

Foto: Instagram @skandinaviaapartment

Selain untuk menjadi pilihan tempat tinggal, kamu juga bisa membeli unit Lagom sebagai investasi, lho! Caranya dengan menyewakan apartemen ini dengan sistem Fika Rooms, di mana sebagai pemilik tidak perlu repot-repot mengurus dan mengelola pengoperasiannya. Unit Lagom ini dijual mulai harga Rp 975 juta. Tersedia tipe 1 bedroom suite dan 2 bedroom suite.

Foto: Instagram @skandinaviaapartment




4 Aspek Penting yang Perlu Kamu Ketahui tentang Apartemen Skandinavia

Dari 10 hal yang telah dijabarkan di atas, tentunya sangat nyaman sekali ya tinggal di apartemen Skandinavia. Dari penjabaran tersebut terangkum 4 aspek penting dari apartemen ini yang perlu kamu ketahui.


1. Desain interior

Dalam memilih apartemen, tentunya desain interior menjadi hal pertama yang menjadi pertimbangan. Termasuk furnitur yang ada di dalamnya jika memilih jenis full furnished. Yang menjadi salah satu keunggulan dari apartemen Skandinavia adalah desain interiornya.  Bergaya khas desain Skandinavia membuat penghuninya menjadi lebih betah tinggal di dalamnya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari contoh unit Alter Ego seperti di bawah ini.


Foto & Infografis: Aprillia Ramadhina


Foto & Infografis: Aprillia Ramadhina



Video: Aprillia Ramadhina



2. Fasilitas

Apartemen Skandinavia memiliki fitness center bernama Skandifit, kolam renang Infinity Swimming Pool dan ruang serba guna Nordic Corner. Fasilitas-fasilitas ini tentunya akan meningkatkan kualitas hidup kita. Selengkapnya mengenai Nordic Corner, Infinity Swimming Pool, dan Skandifit dapat dilihat di foto dan video di bawah ini.

Foto dan infografis: Aprillia Ramadhina.



Video: Aprillia Ramadhina.



3. Amenities & Surroundings

Selain fasilitas berupa kolam renang, fitness center dan ruang serba guna, masih banyak juga amenities & surroundings yang menjadi kelebihan dari apartemen ini. Mulai dari rasio parkir 1:1, Genius Smart Home System, hingga berada di lokasi yang strategis dekat dengan mall, rumah sakit, kampus, perkantoran, dan akses tol serta transportasi ke Jakarta.


Infografis: Aprillia Ramadhina




4. Material

Apartemen Skandinavia menggunakan bahan-bahan material dari brand ternama. Mulai dari finishing dinding, lantai dan atap serta keramik dan perlengkapan kamar mandi serta dapur, menggunakan material yang berkualitas tinggi.

 Foto: Aprillia Ramadhina.




Dengan berbagai keunggulannya, mulai dari desain interior, fasilitas, material, hingga lingkungan sekitar yang ada di apartemen Skandinavia, tentunya dapat meningkatkan kualitas hidup para penghuninya. Kualitas hidup yang baik, sesederhana menemukan lagom meaning dalam kehidupan. Dengan kualitas hidup yang baik, kebahagiaan tidak perlu lagi dikejar, karena pasti akan datang dengan sendirinya.






Apartemen Skandinavia

Phone: 021-55767999
Email: hello@skandinavia.co.id




7 komentar:

  1. Wahhhh ... baru tau ada filosofi lagom gituhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak biar hidup lebih tenang gitu, heuheu

      Hapus
  2. Fotonya ciamiiikk, diksi2nya juga sangaaatt menarik.
    Makasiii udah sharing ttg filosofi LAGOM.
    Selain review apartemen, artikel ini juga "me-review" hidup kita semua :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbaa heuheu. Iya hidup emang harus sering di-review, biar terus imbang dan tahu mana yang udah kelebihan mana yang ternyata masih kurang :D

      Hapus
  3. baru mengerti apa itu lagom, makasih artikelnya bermanfaat untuk menambah wawasan

    BalasHapus
  4. Bagus banget toh tempatnya. Agak panjang artikelnya. Tapi setelah dibaca sampai akhir. Aku jadi paham. Thanks mb April. Jangan lupa mampir ke Majalah Lampung

    BalasHapus
  5. Wadaaaaaaw, lengkap bet, ini selain membahas masalah apartemen, pun juga masalah mencintai diri kita :')

    terharuuuu

    BalasHapus