Terapkan #internetBAIK dalam Berselancar di Dunia Maya: Saring Sebelum Sharing!


Seperti banyak hal di dunia ini yang selalu memiliki sisi baik dan buruk, begitu pula internet. Akan tetapi, kita tak bisa menutup mata, di era digital ini internet memberi kemudahan hampir di segala hal. Hanya orang-orang yang mampu beradaptasi dengan zaman yang akan terus bertahan. Karena itu, untuk terus menjadi relevan dengan masa sekarang, kita harus pintar-pintar memanfaatkan internet. Karena ada segudang manfaat yang bisa kita dapat dari internet. Beberapa di antaranya adalah:

Mendapat informasi terbaru dan terkini
Dengan adanya internet, laju informasi tidak lagi terbendung. Kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di tempat yang jauh dari kita hanya dengan internet.

Belajar banyak hal baru
Internet menawarkan beragam peluang untuk kamu yang ingin belajar hal baru. Beragam tutorial tersebar di Youtube. Mulai dari cara memasak, menggambar, dan lain sebagainya. Saya sendiri termasuk salah satu orang yang senang mencoba resep baru dari internet. Sebagai orang yang tergolong pemula dalam memasak, internet ini sangat berfaedah sekali. Tidak hanya resep yang kita tahu, bahkan cara memasaknya juga bisa dipelajari.

Teman baru, relasi baru, rezeki baru
Internet telah memudahkan banyak orang untuk menjalin relasi baru hingga mempererat relasi lama. Sudah tak terhitung berapa banyak project yang saya kerjakan karena bermodal relasi lewat media sosial. Project ini tidak hanya datang dari teman-teman baru, tapi juga teman-teman lama yang tahu apa yang bisa saya kerjakan untuk membantunya. Jadi, di masa seperti ini, internet menjadi salah satu medium yang sangat bermanfaat untuk merawat relasi. Kenapa relasi harus dirawat? Karena rezeki bisa datang dari mana saja, termasuk relasi yang kita miliki.

Mungkin kamu juga merasakan banyak manfaat lain dari internet. Akan tetapi, apakah kita sudah menerapkan #internetBAIK dalam berselancar di dunia maya?


Untuk bisa mendapatkan dan menyebar manfaat baik dari internet, kita perlu menerapkan #internetBAIK. Apa itu #internetBAIK? #internetBAIK itu sendiri merupakan program CSR Telkomsel yang menghadirkan seperangkat panduan yang bisa digunakan oleh pengguna internet untuk dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dan menekan dampak buruk dari internet. Dengan begitu, kita bisa melindungi diri sendiri dan orang lain, sekaligus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat luas dan meningkatkan kualitas hidup bersama.

“Sebagai operator seluler terdepan di Tanah Air yang menyediakan layanan broadband sampai ke pelosok negara untuk mendukung gaya hidup digital, Telkomsel juga memiliki kewajiban kepada masyarakat untuk menciptakan ekosistem digital yang kondusif dan konstruktif. Oleh karena itu, Telkomsel tergerak untuk menghadirkan sebuah program edukasi yang dapat berperan sebagai fondasi dan teladan bagi masyarakat Indonesia tentang penggunaan internet secara positif,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama PT. Telekomunikasi Selular dalam kata pengantarnya di modul Rumus Keren #internetBAIK (2017).


Kampanye #internetBAIK telah dihadirkan oleh Telkomsel sejak tahun 2016. Kampanye ini merupakan sosialisasi dan edukasi cyber wellness mengenai pemanfaatan internet secara Bertanggung jawab, Aman, Kreatif, dan Inspiratif (BAIK). Program ini meliputi rangkaian aktivitas workshop yang ditujukan bagi segmen anak-anak dan remaja sebagai entry level pengguna internet, serta para orangtua dan guru yang berperan sebagai pengawas dan pendamping.

Penggunaan internet yang bertanggung jawab artinya memanfatkan internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika. Aman berarti pengguna internet terlindungi dari segala potensi kejahatan dan dampak buruk dari internet. Inspiratif artinya mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal yang positif dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang di sekitarnya. Sementara kreatif berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat.


“Melalui #internetBAIK, Telkomsel berusaha untuk terus mendorong penggunaan layanan broadband yang bermanfaat di tengah-tengah masyarakat. Besar harapan kami pembekalan mengenai penggunaan internet secara BAIK dapat mendukung kewarganegaraan digital secara jangka panjang dan memberikan dampak sosial positif bagi perkembangan bangsa,” ungkap Ririek.

 
Pentingnya Saring Sebelum Sharing


Tidak semua hal pas dan pantas disebarluaskan kepada orang lain. Informasi bergerak sangat cepat di era digital. Akan tetapi, tidak perlulah berlomba-lomba menyebarkan kabar yang bisa jadi belum tentu benar. Sebelum memposting sesuatu, pikirkan dulu berulang kali: apakah postingan ini akan merugikan diri sendiri dan orang lain? Apa dampaknya? Apakah akan mempermalukan diri dan merusak reputasi?

Sebisa mungkin jangan sok tahu di media sosial. Usahakan informasi yang dibagikan disebutkan referensi dan sumbernya. Agar kita terhindar dari tuduhan plagiator. Ini juga sebagai bentuk kita menghargai ilmu pengetahuan.

Selain itu, jika kamu punya masalah dengan orang lain, sebaiknya tidak perlu kamu posting di media sosial. Daripada mengumbarnya, lebih baik, bicarakan langsung pada orang yang bersangkutan.


Kita semua bisa menjadi konsumen (penikmat konten) dan juga menjadi produsen konten. Yuk, kita belajar terus jadi warga negara digital yang baik!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadiah Ulang Tahun ke-58 untuk Mama Tercinta

Ayo, Dukung BPK Kawal Harta Negara!

Peran Fundamental Edukasi dalam Memajukan Bangsa