Sarapan Super untuk Super Mom


Setiap ibu adalah seorang Super Mom bagi keluarganya. Dengan segala ketidaksempurnaannya, dengan segala kekurangan dan keterbatasannya. Entah itu ibu rumah tangga, ibu bekerja di luar atau ibu yang bekerja di rumah, semua ibu yang berdedikasi untuk keluarganya adalah luar biasa dengan caranya sendiri. Apa pun peran yang melekat, atribut yang dikenakan, setiap ibu pada intinya istimewa.

Setiap orang butuh sarapan untuk bisa kuat menjalani hari. Apalagi ibu-ibu yang biasanya lebih mengutamakan perut keluarganya lebih dulu dibanding dirinya sendiri. Yang penting anak dan suami sudah makan, ibu mah bisa belakangan. Eitss, jangan sampai sebagai ibu, kita mengesampingkan sarapan ya, karena ini wajib! Supaya bisa tahan banting ngurus segala macam hal, mulai dari pekerjaan rumah tangga, mengasuh anak, belum lagi kalau juga bekerja di luar rumah. Apa pun aktivitas yang akan dilakukan, jangan pernah melewatkan sarapan.

5 Manfaat Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 Pagi

 
Foto: dok. pribadi


Usahakan selalu sarapan sehat sebelum jam 9 pagi. Sarapan sehat yang dimaksud adalah yang memenuhi pola gizi seimbang, yakni terdapat sumber karbohidrat, protein, lemak dan vitamin/mineral. Untuk tahu berapa kebutuhan gizi tiap individu berdasarkan usia dan jenis kelamin bisa dilihat di tabel Angka Kecukupan Gizi. Kenapa sarapan sebaiknya dilakukan sebelum jam 9? Karena antara pukul 7 hingga 9 pagi adalah waktunya terjadi penyerapan nutrisi di usus kita. 

Dengan sarapan sebelum jam 9 kita membantu memenuhi kebutuhan gizi harian sebanyak 15 - 30%. Sarapan menjadi bahan bakar kita untuk berpikir, bekerja, dan melakukan aktivitas lainnya. Selain untuk kesehatan fisik, sarapan juga bermanfaat untuk kesehatan mental, lho! Berikut ini 5 manfaat sarapan yang perlu kamu ketahui seperti disarikan dari artikel “10 Reasons You Should Never Skip Breakfast” di Doctoroz.com

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kamus sering gampang sakit akhir-akhir ini? Jangan salahin cuaca. Mungkin sebabnya karena kamu jarang sarapan sehat. Menurut suatu penelitian di Cardiff University di Wales, sarapan pagi mengurangi risiko terkena flu dan batuk pada partisipan yang diteliti. Nutrisi penting yang terkandung dalam sarapan kita membantu memelihara sel-sel yang dapat melawan penyakit, infeksi dan peradangan yang pada akhirnya mendukung pertahanan sistem kekebalan tubuh kita.

2. Membantu Menjaga Berat Badan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada laki-laki selama lebih dari 10 tahun, mereka yang rutin sarapan, berat badannya cenderung lebih stabil dibanding mereka yang malas sarapan. Ini lebih dikarenakan ketika seseorang sarapan, maka akan mencegahnya makan secara berlebihan di siang hari yang bisa berdampak pada kenaikan berat badan.

3. Menurunkan Risiko Penyakit jantung

Foto: dok. pribadi



Sarapan tidak hanya tentang untuk menambah energi, tapi juga bisa menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Sebuah penelitian di Harvard menemukan bahwa pria dewasa yang sarapan teratur cenderung tidak menderita penyakit jantung. Alasan yang dikemukakan peneliti adalah ada kecenderungan orang-orang yang melewatkan sarapan kemudian mengemil di malam hari yang justru mengacaukan ritme hormon tubuh yang bisa mengarah pada diabetes, tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, yang pada akhirnya berbahaya bagi jantung.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Sarapan pagi dapat memberi manfaat pada otak, terutama perihal konsentrasi, apalagi pada anak-anak. Penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang sarapan pagi lebih mungkin memiliki nilai pelajaran yang lebih tinggi dan jarang tidak masuk kelas karena sakit. Sarapan membuat anak-anak lebih konsentrasi karena terpenuhinya energi dari nutrisi makanan yang dikonsumsi di pagi hari. Anak-anak yang bersemangat dan penuh konsentrasi menyimak penjelasan guru di kelas tentu akan lebih mudah mencetak prestasi baik di sekolah.

5. Memperbaiki Mood dan Suasana Hati

Kamu ngerasa gampang banget marah seharian atau justru sedih terus? Mungkin bukan karena lagi PMS. Bisa aja karena belum sarapan. Karena sarapan punya dampak besar untuk memengaruhi suasana hati. Makanan yang tepat akan mendongkrak mood kamu. Pilih sarapan yang kaya protein dan serat untuk membuat kamu terhindar dari stres.


Sarapan Super Saya Energen Rasa Jagung
Foto: dok. pribadi



Karena banyaknya manfaat dari sarapan, kita harus cerdas memilih sarapan yang tepat. Nah untuk jadi Super Mom, setiap paginya biasanya saya sarapan kalau nggak roti, ya buah. Yang mudah-mudah aja. Tapi, saya juga lengkapi menu sarapan saya dan keluarga dengan Energen. Energen rasa jagung favorit saya.

Dengan membiasakan sarapan sehat sebelum jam 9 pagi, saya dan keluarga jadi lebih sehat, aktif dan produktif. Sepiring buah dan segelas Energen buat saya berenergi dan membuat mood bagus seharian. Saya jadi happy ngurus anak, ngerjain kerjaan rumah tangga, nulis blog dan kegiatan lainnya.

Saya sendiri suka banget sama Energen yang rasa jagung. Karena ada bulir jagung aslinya yang kaya kalori, jadi bikin kenyang lebih lama. Aromanya juga nenangin banget. Dalam satu kemasan Energen sudah terkandung susu, sereal, telur, dan vitamin serta mineral dalam Sigmavit. Dalam telur terkandung protein, sementara sereal dan susu mengandung karbohidrat dan lemak. Sigmavit itu paduan Vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E dan Asam Folat serta kalsium. Jadi dalam Energen sudah terdapat gizi yang lengkap dan seimbang. Itu yang bikin kita berenergi.

Oh ya Energen selain baik untuk sarapan bisa juga dikonsumsi saat istirahat siang hari atau malam hari. Kadang saya minum sebelum tidur. Efektif mengusir lelah dan capek. Biar tidur lebih nyenyak dan bangun pagi lebih segar. Energen terdiri dari lima varian rasa. Nggak cuma rasa vanila dan cokelat serta jagung, tapi juga ada rasa jahe yang bisa bikin tubuh lebih hangat serta rasa kacang hijau yang kaya serat dan dapat menjaga sistem pencernaan.

Pekan Sarapan Nasional 2018

 
Foto: Facebook Energen



Sayangnya, walau sarapan memberi banyak manfaat, masih banyak masyarakat yang melewatkannya baik sengaja maupun tidak sengaja. Karena itu untuk mendorong masyarakat agar melakukan sarapan sehat, diadakan Simposium Nasional Sarapan Sehat pada tahun 2012 yang merekomendasikan perlu adanya Pekan Sarapan Nasional sebagai bentuk sosialisasi pentingnya makan pagi. 

Hasilnya, ditetapkanlah tanggal 14 - 20 Februari sebagai Pekan Sarapan Nasional. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai momentum berkala setiap tahunnya yang mengingatkan masyarakat bahwa sarapan dapat mendukung terciptanya masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif.

Energen juga turut berkontribusi dalam peringatan ini, dengan melakukan serangkaian kegiatan berbagi sarapan sehat di sekolah-sekolah di Indonesia. Selama tahun 2018 ini, Energen bersama dengan Ikatan Dokter Indonesia telah membagikan sarapan sehat untuk 2,2 juta anak sekolah di lebih dari 3.000 sekolah. Selain itu, Energen juga bekerja sama dengan Pergizi Pangan (Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia), mengadakan tes gizi kepada anak-anak di masing-masing sekolah.

Well, sudah tahu, kan apa saja manfaatnya sarapan. Yuk, mulai sekarang biasakan sarapan sehat sebelum jam 9 pagi!
Gambar: Aprillia Ramadhina


Gambar: energen.co.id


Foto feature image: Aprillia Ramadhina

Referensi:

http://energen.co.id
http://gizi.depkes.go.id/pgs-2014-2
https://www.facebook.com/EnergenID/


Komentar

  1. Enak tuh sarapan pke energen. Aku sukanya yg coklat atau yg kacang hijau mbak. Sekali buat 2 sachet. Kenyang deh 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa aku blm coba nih yg kacang hijau. Sepertinya patut dicoba. 😊

      Hapus
  2. Aku banget nih, terbiasa sarapan sejak kecil. Dulu sama mamaku malah dikasih sarapannya yang berat-berat. Nasi uduk, lontong sayur... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarapan khas orang Indonesia bgt ya emang nasi uduk n lontong sayur 😂

      Hapus
  3. Saya juga mengonsumsi energen mba, abis enak sih, bergizi pula, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Dan praktis bgt ya mas, tinggal seduh n minum aja

      Hapus
  4. kalau aku suka energen yang vanila mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya vanila dan cokelat jg enak. Yg jagung ini mirip vanila tp ada bulir jagung dan aroma khas jagung yg enak bgt 😀

      Hapus
  5. Kacang ijo enak mba. Kalau jagung saya belum pernah coba. Saya kalo ga sarapan lemes mba jadi harus sarapan terus 😂 sedihnya kalo skip sarapan saya justru makin ndag napsu makan, kalo sampai siang belum keisi sudah pasti maag migrain kumat.. Tapi anehnya saya kurang nafsu juga kalo sarapannya berat 😂 energen asyik nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku selain lemes kalo gak sarapan pasti cranky, bawaannya emosi hahaha. Waa patut coba ni yg kacang hijau 😁

      Hapus
  6. Aku suka energen coklat ♥️
    Informatif bngt artikelnya. Aku suka.

    Jangan lupa mampir ke blog aku juga di www.catch-the-feels.blogspot.com thanks

    BalasHapus
  7. Paling suka sarapan energen, karena praktis dan bergizi. Saya suka yang rasa kacang hijau, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku malah belom nyoba. Next patut dicoba

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadiah Ulang Tahun ke-58 untuk Mama Tercinta

Ayo, Dukung BPK Kawal Harta Negara!

Peran Fundamental Edukasi dalam Memajukan Bangsa