6 Cara Jitu Menghadapi Masa Bokek




Setiap orang bahkan yang sudah begitu sigapnya mempersiapkan dana tak terduga, punya tabungan yang banyak, berinvestasi di sana-sini, pastilah pernah mengalami satu masa dalam sepanjang hidupnya dimana dirinya menghadapi kesulitan keuangan atau permasalahan finansial. Saya sendiri termasuk orang yang sering impulsif dalam membelanjakan uang terutama sebelum menikah. Meski sudah berupaya menyisihkan dana darurat setiap bulannya, terkadang uang tersebut terpaksa dipakai ketika keadaan keuangan saya memburuk. Terutama saat saya pernah memutuskan untuk menjadi freelancer dengan penghasilan yang tidak menentu setiap bulannya.

Setelah menikah, saya semakin berpikir untuk jangka panjang, saya dan suami pun menyisihkan uang untuk biaya persalinan. Tapi ternyata di usia kandungan 6 bulan, saya diharuskan rawat inap di rumah sakit karena perut saya yang sakitnya bukan main dan ternyata saluran pencernaan saya terinfeksi bakteri. Jadilah dana bersalin itu pun terpakai. Hidup memang menawarkan ketidakpastian. Terkadang di satu masa kita bisa punya banyak uang, di masa yang lainnya, untuk makan saja harus dihitung-hitung dengan cermat. Tapi, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.
Berikut ini 6 cara solusi keuangan untuk mengatasi bokek yang sudah saya praktekan sendiri

Jual Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Kalau lagi bokek, coba deh lihat ke sekitar, barang-barang apa aja yang ada di rumah kamu, yang masih punya nilai jual dan nggak terpakai. Saya pernah jual netbook saya yang sudah rusak. Tadinya bingung juga mau jual kemana barang rusak seperti itu, dan apakah ada yang mau beli. Saya juga nggak niat mereparasinya karena harganya pasti mahal banget. Tapi saya juga nggak mau terus-terusan nyimpan netbook ini di rumah, karena buat apa? Kalau mau dibuang ya dibuang kemana? Masa ke tempat sampah? Saya pun mencoba menjualnya ke toko service laptop di ITC BSD. Di toko pertama cuma dihargai 100 ribu rupiah. Agak sedih juga sih, kalau dijual dengan harga segitu. Alhasil saya lebih memilih pulang dulu, karena sudah banyak toko yang tutup. Besok saya niatnya ke sana lagi ke toko yang berbeda. Sesuai harapan, besoknya di toko yang beda, netbook saya dihargai 300 ribu rupiah! Lumayan banget, sesuatu yang saya pikir cuma akan jadi sampah di rumah, ternyata masih berharga.

Menjual Barang yang Sudah Kebanyakan

Tanpa sadar manusia itu kadang suka nimbun barang. Entah baju, tas, buku, atau apapun. Kalau kamu punya barang yang sekiranya masih bisa bernilai dan dirasa kebanyakan, jual aja. Jual dengan harga murah. Misalnya kamu punya handphone sampai 3 buah. Nah, daripada boros juga isi pulsa 3 HP, lebih baik dijual. Memang nilainya pasti turun, tapi daripada kamu nggak bisa makan saking bokeknya. Atau kamu punya tumpukan baju yang masih oke tapi kamu udah bosen pakainya, ya jual aja. Begitu juga dengan buku-buku. Daripada sesak di lemari atau di rak buku, lebih baik dijual saja buku-buku lama kamu dengan harga murah. Saya pernah punya dua handphone dan satunya saya jual aja karena jarang dipakai juga. Setelah itu saya bisa tetap bisa hidup dengan satu handphone dan nggak merasa rugi, malah uangnya lumayan banget untuk nambah-nambah tabungan.

Mencoba Usaha atau Bisnis Kecil

Mungkin kamu bingung kenapa saat bokek saya justru menyarankan bisnis yang jelas-jelas butuh modal. Begini, bokek itu biasanya nggak tiba-tiba alias jauh-jauh hari kamu tahu kalau sebentar lagi uang kamu akan menipis. Paling nggak kamu masih punya dong uang untuk pulsa smartphone. Nah, bisnis itu kadang bisa kamu jalankan sesederhana memanfaatkan smartphone yang kamu punya. Saya sendiri sangat mengoptimalkan gadget yang saya punya, ya laptop dan handphone

Suami saya punya kemampuan desain grafis, dan sering dapat pesanan buat desain logo, spanduk, sertifikat, dan lain-lain. Kami pun membuat bisnis kecil di bidang jasa desain grafis bernama Meon Design. Suami yang mengeksekusi pesanan, saya yang mempromosikan. Lewat setiap kanal social media yang saya punya, Facebook, Twitter, Path, Instagram, saya selalu posting hasil kerjaan suami saya yang dipesan klien. Lambat laun teman-teman saya banyak yang tahu, dan dari social media itulah pesanan dari rekan-rekan saya pun berdatangan. 

Modal uang itu perlu, tapi nggak selalu dalam jumlah besar. Dengan modal pulsa internet aja kita bisa mulai bisnis dan mendatangkan uang. Lagipula modal nggak hanya uang, tapi kemampuan, pertemanan, dan waktu. Iya, waktu. Daripada waktu dihabiskan cuma untuk posting kegiatan sehari-hari yang nggak penting-penting banget, lebih baik manfaatkan layanan internet untuk mencari rezeki. Ketika usaha dirasa sedang menurun, lebih giat lagilah berpromosi. Jangan ketika keuntungan yang datang sedikit lantas malas mengurus bisnis. Apapun yang terjadi, terus lakukan apa yang kamu bisa dengan sebaik-baiknya, walaupun sesusah apapun keadaan kamu.

Ikut Lomba

Masih dengan modal smartphone kamu, cari deh info mengenai lomba-lomba di internet yang sesuai minat kamu. Usahakan ikut lomba yang kamu nggak perlu bayar, alias gratis. Ikuti lomba yang memang kamu punya kemampuan di bidang tersebut. Misalnya kamu suka dan bisa motret, ya ikut aja lomba fotografi. Kalaupun nggak punya kamera tapi kamu yakin sama kemampuan kamu, jangan segan-segan pinjam kamera teman. Kalau kamu suka ngeblog, ikuti lomba-lomba nulis blog. Memang untuk sebagian orang, hal-hal seperti ini (ikut lomba) cuma hal yang sia-sia, dan bikin capek. Tapi nggak ada salahnya dicoba. Kalaupun kamu nggak menang, kamu secara langsung sudah mengasah kemampuan kamu dan belajar lagi. Apalagi kalau kamu juga memperhatikan karya para pemenangnya, kamu jadi semakin tahu karya yang bagus itu seperti apa.

Mengumpulkan Recehan

Jangan anggap sepele uang koin 500 rupiah atau 1000 rupiah yang kamu punya. Saya punya kebiasaan nabung uang koin di celengan yang saya dapat dari kembalian belanja. Di saat lagi butuh banget, pernah saya bongkar dan setelah dihitung-hitung, nominalnya bisa sampai ratusan ribu rupiah! Keren, kan! Agak ribetnya pas mau dipakai, saya harus tukar dulu uang koin tersebut, biasanya saya tukarnya ke minimarket karena mereka memang butuh uang receh untuk kembalian.

Pinjam Uang Teman

Kalau udah kepepet banget, dan udah rasanya mentok sana-sini ya mau nggak mau pinjam uang teman. Saya pernah pinjam uang teman di saat dompet saya hilang dan tidak pegang uang sama sekali. Jumlahnya memang tidak banyak, asal bisa dipakai untuk makan dan mengurus urusan kehilangan itu, dari buat surat ke kantor polisi sampai membuat ATM baru ke bank. Tapi kalau setiap saat lagi butuh uang pinjam ke teman kan pasti malu, dong. Bisa bisa nanti dicap tukang ngutang sama teman sendiri, atau bisa-bisa timbul mindset dalam pikiran dia kalau kita hubungi dia cuma pas ada maunya aja yaitu mau minjem duit. Jangan sampai, deh. 


Nah, biar nggak perlu malu dan gengsi di hadapan teman sendiri, lebih baik pinjam uang lewat layanan pinjaman online, seperti contohnya UangTeman. Prosesnya cepat dan terpercaya untuk kamu yang butuh dana talangan. Jika permohonan pinjaman kamu disetujui, hari itu juga uang langsung ditransfer ke rekening kamu. Pengajuan pinjamannya juga mudah, karena dilakukan secara online, jadi bisa dimanapun dan kapanpun, jelas jadi bisa hemat waktu dan energi. UangTeman solusi yang pas bikin #UrusanBeres. Untuk mengajukan pinjaman kamu juga nggak perlu memberikan jaminan apa-apa. Maksimal pinjaman yang bisa kamu ajukan Rp 2 juta dengan waktu pengembalian 30 hari. Dengan UangTeman kebutuhan keuangan yang mendesak bisa teratasi dengan cepat. "Ini adalah curhatan finansial #TemanNgeblog dan solusi yang bikin #UrusanBeres”.


Foto: Aprillia Ramadhina

Komentar

  1. he..he...he... idenya segar...saya juga selalu ngumpulin recehan 500-an mbak...ternyata berguna sekali kalau pas lagi bokek.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak Yuni udah nyempetin waktunya buat baca, hehe. Iya, berguna banget!

      Hapus
  2. Jarang banget saya nemu anak filsafat..
    Kenapa ga bikin blog filsafat, kebetulan saya pecinta seni berfikir plato, nietzche dan kawan-kawannya..

    Tapi karena lagi ngomongi duit, cara paling gampal adalah menjual diri kita dalam arti positif..
    Lihat kedua tangan kita, apa yang bisa kita create dari anggota badan kita. Intinya bekerjaaa... hehe

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kaka udah berkunjung :). wuaduhh blog filsafat. Saya mah filsafat keseharian aja, mas, hahaha yang selalu berdialog dengan kehidupan, tsaahhh..... Iyak betul, mungkin manusia itu pada dasarnya hakekatnya adalah makhluk penjual, penjual barang, jasa, penjual karya, keahlian, kata-kata, omongan, sampe penjual kebohongan dan kepalsuan, hahahah

      Hapus
    2. beuh...berdialog dalam kehidupan..
      kangen sebenarnya ngomong dengan bahasa langit kaya gini,, jadi inget jamannya baru lulus kuliah..hahaha

      tapi please,, jangan jual kebohongan atau kepalsuan..kesian yang beli..hahaha

      Hapus
    3. Filsafat ilmu yg membumi kok, kak. Hehe. Iya ya jualan yg mendatangkan berkah aja lah ya biar selamat dunia akhirat ;)

      Hapus
  3. Boleh juga nih tips atasi bokeknya, hehe

    BalasHapus
  4. Tips nyaa mantaap mbaak. .kalau saya dr awal bulan selalu menyisihkan 5rbu tiap harinya mbak jd kalau uda akhir bulan dan bokek bsa dipake uangnya. Wkwkwk

    BalasHapus
  5. Saya adalah pemberi pinjaman pribadi yang bersedia membantu orang yang membutuhkan bantuan keuangan, seperti membantu secara finansial. Jadi, jika Anda mengalami masalah finansial jika mengalami situasi huru hara secara finansial dan Anda memerlukan dana untuk peluncuran komersial Anda sendiri, atau Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan, peluncuran komersial yang bagus, atau Anda merasa sulit mendapatkan modal Pinjaman dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui e-mail {Lucysmithloanfirm@gmail.com}
     "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rinciannya di bawah ini ..

    Nama: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Bagian: ____________________
    Negara:___________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor telepon: ________________
    Sudahkah anda mendaftar untuk pinjaman sebelumnya: ________________

    Bertindaklah cepat dan keluar dari tekanan finansial dan hubungi kami hari ini melalui e-mail: {Lucysmithloanfirm@gmail.com}

    BalasHapus
  6. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, CEO roti Daniel di Malaysia, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati wanita jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja saya bahwa saya Punya ide bagus untuk memulai bisnis tunggal saya sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta hipotek setara dengan jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor saya, yang membuat saya merasa kecewa

    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan curang dan curang, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca sebuah artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doa saya dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer kepada saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga via email at alfreddaniel324@gmail.com

    BalasHapus
  7. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia adalah wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    BalasHapus
  8. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  9. Halo
      semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak penipu di situs ini, saya punya kabar baik untuk dibagikan. tolong bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan peminjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON yang sah, yang bertanggung jawab atas SEMUA GRANT.
    Mereka memberikan semua jenis pinjaman mulai dari Jumlah minimal 5.000 hingga 500.000.000,00 pada mata uang berikut: Dolar Amerika Serikat, Eropa dan Pound Inggris Besar (GBP)., Setelah Anda menghubungi mereka, mereka akan memproses pinjaman Anda untuk Anda, semua yang harus Anda lakukan hubungi ibu Elina di elinajohnson22@gmail.com, Anda juga dapat menghubungi di WHATSAPP nya (+2348147739239).
    Jika Anda ingin penjelasan lebih lanjut Anda dapat menghubungi saya di email saya .... wahyunielvin@gmail.com.
    Harap diperhatikan bahwa hanya perusahaan induk yang dapat Anda dapatkan pinjaman, jadi waspadalah terhadap pemberi pinjaman lainnya.
    Terima kasih, semoga Allah menjaga dan melindungi Anda semua .... Amin

    BalasHapus
  10. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadiah Ulang Tahun ke-58 untuk Mama Tercinta

Ayo, Dukung BPK Kawal Harta Negara!

Peran Fundamental Edukasi dalam Memajukan Bangsa